Patatas Bravas

Halo,

Ini salah satu resep yang baru aja gue bikin kemarin karena kebetulan gue punya sisa kentang dan berusaha menghabiskan berbagai isi kulkas dari tahun baru sebelum melewati masa kadaluarsa (terlalu jauh). Patatas Bravas ini sih sebetulnya gue ambil dari bbcgoodfood, hasil dari googling dan yang kebetulan muncul paling atas. Jadi resep ini tuh pas banget buat menemani menulis proposal dan membuat essay malam-malam karena sebetulnya mudah dan bisa ditinggal (karena pakai oven). Meskipun tautan BBC nya bisa diklik, gue akan menulis ulang disini dengan bagaimana gue membuatnya sendiri karena gue sendiri kalau masak pengen yang simpel aja.

Bahan:

  • Kentang 2 Buah (gue pakai jenis maris piper, kalau di UK beda jenis beda hasil Kalau di Indonesia mah pakai mana aja juga jadi. Gue enggak menyarankan di UK pakai jenis Jacket Potato karena nantinya enggak kriuk)
  • Tomat (1 Buah besar / 6 Buah ceri / 2 Buah medium)
  • Saos (Bisa saos sambal indonesia / gochujang korea / tomato puree yang bisa dibeli di toko terdekat)
  • Minyak
  • Bubuk bawang putih / Garlic powder (gue malas motong dan geprek bawang putih, jadi gue selalu pakai bubuk bawang putih)
  • Italian herbs (di indonesia juga sudah mulai banyak dijual, campuran oregano, basil, dan herba lainnya. Kalau mau pakai oregano aja sepertinya enggak apa-apa)
  • Garam

Metodologi:

  • Kentang dipotong dadu (gue tidak mengupas kulit karena malas) dan dilap dengan tisu dapur agar kering (hasilnya jadi lebih garing)
  • Kentang dadu diaduk dengan garam, garlic powder, italian herbs dan sedikit minyak
  • Kentang dipanggang dalam oven selama 40 menit (Suhu 200 C / 180 C untuk oven kipas / gas 6 untuk oven tradisional / api besar sedang untuk oven diatas kompor)
  • Saos dibuat :
    • Minyak dipanaskan
    • Tomat ditumis hingga agak kisut (+- 3 menit di api besar)
    • Saos (2 sendok makan), garam (1 sendok teh) dan bubuk bawang putih (1 sendok teh) dimasukkan
    • Saos dipanaskan sampai agak mengental (+- 5 menit dengan api kecil)
  • Saos dituangkan diatas kentang yang sudah matang
  • Santap

 

Jadi kurang lebih demikian. Gue cuma sempat untuk foto kentangnya yang siap masuk oven agar terbayang bentukannya bagaimana ketika potong dadu kentang. Enggak, enggak bisa pakai microwave. Jangan digoreng juga kentangnya yang ada malah bikin sambel kentang (tambah ati). Sok weh dicoba.

dscf98521

Gambar 1. Kentang sebelum dipanggang (Dokumentasi pribadi)

Leave a Reply

